Minggu, 18 Januari 2015

Pengembangan sistem informasi persediaan alat tulis kantor pada gudang umum RSUD

Gudang merupakan aspek yang penting dalam mengatur persediaan barang di suatu organisasi atau perusahaan. Gudang membutuhkan suatu pengendalian yang dapat membuat barang yang ada di gudang sesuai dengan catatan. Hal ini untuk menghindaripenyusutan ataupun kelebihan barang. Tidak terkecuali gudang umum yang ada di rumah sakit. Yang menyimpan barang-barang (consumable parts) kebutuhan operasional rumah sakit. Untuk meminimasi kejadian seperti itu, bisa dilakukan pengendalian persediaandengan cara pencocokan stok. Dan bisa membantu kepala gudang dalam membuat kebijakan kedepannya. Saat ini, proses bisnis yang dilakukan masih menggunakan sistem manual/konvensional. Hal ini menyebabkan proses yang ada membutuhkan waktu, sumber daya manusia, dan biaya yang mahal, serta konsistensi dan akurasi data yang lemah.
            Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan adanya suatu sistem informasi yang dapat melakukan proses penginputan, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian/pelaporan data gudang umum yang baik, untuk proses di gudang umum. Pembangunan sistem informasi persediaangudang umum rumah sakit ini dibangun dengan analisis dan perancangan sistem menggunakan UML, serta PHP dan SQL sebagai bahasa pemrograman yang dipakai.
            Hasil dari pembangunan sistem informasi persediaan gudang umum rumah sakit ini dapat mempermudah bagian gudang umum dan bagian yang terkait untuk mempercepat proses bisnis dan dapat membuat laporan dengan cepat, hemat, serta data yang valid.

Kata Kunci: pengendalian persedian,pencocokkan stok, gudang umum, consumable parts, rumah sakit, UML, PHP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar